menegenal lebih dekat malaysia dan singapura

4 Hari Mengenal Lebih Dekat Negara Singapura & Malaysia

Share ya : )

Selama empat hari dari 28 Oktober s.d. 31 Oktober 2014 yang lalu, mahasiswa program Pascasarjana STKIP Pasundan Cimahi, mengadakan studi banding ke Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia.

 

PROGRAM ini merupakan program wajib yang harus dijalani oleh setiap mahasiswa Pasca Sarjana (S2) Program Studi IPS STKIP Pasundan-Cimahi. Walaupun tujuan pokoknya studi banding ke Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, acara kemudian dikemas tidak hanya studi banding tapi juga ditambah dengan city tour ke beberapa daerah yang dilalui di antara dua negara (Singapura dan Malaysia).

Negara pertama yang dikunjungi Singapura. Singapura nama resminya Republik Singapura, sebuah negara pulau dilepas ujung selatan Semenanjung Malaya, sekitar 137 kilometer (85 mil) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau (Indonesia) oleh Selat Singapura di selatan. Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota kosmopolitan yang memainkan peran penting  dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia.

Singapura memiliki banyak projek reklamasi tanah dengan tanah diperoleh dari bukit, dasar laut, dan negara tetangga (termasuk dari Indonesia). Hasilnya, daratan Singapura meluas dari 581, 5 km² (224, 5 mil²) pada tahun 1960-an menjadi 704 km² (271, 8 mil²) pada saat ini. Proyek ini terkadang mengharuskan beberapa pulau kecil digabungkan melalui reklamasi tanah untuk membentuk pulau-pulau besar dan berguna.

Salah satu tempat yang dikunjungi penulis, obyek wisata Merlion Park. Merlion Park adalah tempat yang wajib dikunjungi bila kita ke Singapura. Di taman yang terletak di Marina Bay ini, terdapat patung kepala singa yang menjadi maskot bagi negara Singapura. Merlion adalah mahluk misterius yang berkepala singa dan berbadan ikan. Dari segi bahasanya, Mer berarti laut, dan lion berarti singa. Badan ikan melambangkan bahwa zaman dulu Singapura terkenal sebagai tempat yang banyak nelayannya. Kepala singa melambangkan nama Singapura sebagai kota singa.

Gedung Nanas

Tempat penting kedua yang dikunjungi di Singapura adalah Esplanade, yaitu sebuah gedung pertunjukan  di tepi pantai dekat Merlion Statue, Singapur. Bentuk atap yang mirip dengan kulit nanas ini biasanya disebut “Gedung Nanas” oleh orang-orang Indonesia yang tinggal di Singapura.

Tempat ketiga yang dikunjungi di Singapura adalah Sentosa Island. Pulau ini bisa dikatakan Ancol-nya Singapura. Sentosa, pulau resor yang santai dengan pantai menawan, pertunjukan kelas dunia, olahraga laut, golf, dan tempat liburan terletak hanya 15 menit dari pusat kota.

Negara kedua pada lawatan keluar negeri ini yaitu Malaysia. Sebuah negara federasi yang terdiri atas tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara dengan luas 329.847 km². Ibu kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan persekutuan. Jumlah penduduk negara ini melebihi 27 juta jiwa. Negara ini dipisahkan ke dalam dua kawasan yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur oleh kepulauan Natuna, wilayah Indonesia di laut Cina Selatan. Malaysia berbatasan dengan Thailand, Indonesia, Singapura, Brunei, dan Filipina. Kepala Negara Malaysia adalah yang di-Pertuan Agong dan pemerintahannya dikepalai seorang perdana menteri.

Tempat utama yang dikunjungi di Malaysia  Universitas Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam, salah satu universitas terkemuka di Malaysia. Di tempat ini penulis mengikuti seminar sehari dengan tajuk “Program Diskusi Antarbangsa Menyangkut Pendidikan Sosial”. Pembicara yang berkesempatan menyampaikan materi pada saat itu dari pihak UiTM dua narasumber dan STKIP Pasundan-Cimahi tiga narasumber.

Usai mengikuti seminar di UiTM Shah Alam-Malaysia, rombongan mengunjungi beberapa tempat yang dianggap penting di Malaysia di antaranya Twin Tower, Merdeka Square, Central Market, dan Putrajaya.

Twin Tower sekarang ini Landmark atau Simbolnya kota Kualalumpur. Twin Tower sebenarnya adalah menara Petronas, singkatan dari Petrol Nasional. Petrol Nasional merupakan perusahan minyak negara Malaysia, tetapi karena arsitekturnya yang megah dan menarik untuk dipelajari maka gedung Petronas ini tidak hanya sebagai kantor tapi lebih tersohor sebagai objek wisata.

Central Market adalah pasar tradisional. Awalnya pasar ini disebut juga dengan pasar bersejarah. Karena bangunannya dibangun pada masa Inggris datang dan menduduki Malaysia.

Merdeka Square atau  Lapangan Merdeka adalah sport sejarah dan wisata di Malaysia. Dataran Merdeka dahulunya dikenal sebagai lapangan Klub Selangor  terletak di pusat pentabiran lama Kualalumpur.

Putrajaya adalah lokasi pemerintahan Malaysia, tempat segala perkantoran negara dan kementerian serta departemennya. Semua dilokalisasikan dalam satu tempat. Tidak sama dengan di Indonesia, yang kantor pemerintahannya tersebar di beberapa alamat di Jakarta. Di sini juga terdapat masjid terbesar dan termegah yang berdiri di atas danau buatan.

(Rahman Jaenudin, Guru MAN Cianjur)

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *