4 Manfaat Senyuman

SUDAHKAH Sahabat-Sahabat senyum untuk hari ini? Lakukan dengan tulus, dari hati yang tulus. Suatu senyum yang ikhlas dan menceriakan adalah suatu ibadah. Tersenyumlah karena  itu tidak mahal.

Walau terjadi hanya sekejap, tetapi kenangannya kadang berlangsung selamanya. Senyum menciptakan kebahagiaan di sekitar kita. Ia adalah ketenangan bagi kegelisahan, keceriaan bagi yang kecil hati, dan kegembiraan bagi yang sedih.

Senyum tidak bisa dibeli, karena ia adalah sesuatu yang tidak berguna bagi siapa pun sampai diberikan. Jika kalian harus menemui seseorang yang terlalu letih untuk memberimu senyuman, berikan satu senyuman yang tulus untuk mereka yang terlalu lemah, letih lesu lunglai untuk melalukannya.

Amalia Fitrianie Ramadhanty

Sebuah senyuman akan selalu diterima, karena ia akan membuka pintu dan hati seperti anak kunci. Berikan ke setiap orang, karena satu senyuman memberikan keceriaan pada semua orang.

Sahabat, banyak sekali manfaatya ini, di antaranya:

 

  1. Terlihat lebih menarik. Orang yang banyak tersenyum memiliki daya tarik. Orang yang suka tersenyum membuat perasaan orang di sekitarnya nyaman dan senang. Orang yang selalu merengut, cemberut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang di sekeliling tidak nyaman… dan dapat dipastikan orang yang banyak tersenyum memiliki banyak teman.

 

  1. Mengubah perasaan. Jika sahabat-sahabat sedang sedih, cobalah tersenyum. Dengan begitu akan membuat perasaan menjadi lebih baik. Menurut penelitian, senyum bisa memperdayai tubuh sehingga perasaan berubah.

 

  1. Menghilangkan stres. Stres bisa terlihat dari wajah. Senyuman bisa menghilangkan mimik lelah, bosan, dan sedih. Ketika Anda stres, ambil waktu untuk tersenyum. Senyuman akan mengurangi stres dan membuat pikiran lebih jernih. Jadi bagi para sahabat yang doyannya stress, ayo perbanyak senyum ya, biar ga stress, tapi janga senyum-senyum sendiri juga nanti makin stres.

 

  1. Mengingkatkan imunitas. Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyuman.

 

5. Ia dapat menular (bukan maksudnya menularkan penyakit loh ya…!!) Ketika seorang tersenyum, ia akan membuat suasana menjadi riang. Orang di sekitar sahabat-sahabat pasti akan ikut melakukannya dan merasa lebih bahagia.

Nah Sahabat-Sahabatku, itulah beragam keuntungannya. Mari kita praktikan dalam kehidupan sehari-hari, karena tersenyum banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan diri kita sendiri.

(Amalia Fitrianie Ramadhanty, MAN Cianjur)

Share ya : )

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *