Inner outer beauty

Beauty Inside Syar’i Outside

Share ya : )

“Dunia ini adalah perhiasan, dan perhiasan yang paling berharga adalah wanita yang saleha.”

SETELAH membaca hadis tersebut, mungkin dalam benak kita akan timbul pertanyaan, seperti apa sih wanita saleha itu? Wanita saleha adalah wanita yang menjadikan Alquran dan Assunah sebagai pedoman hidupnya, seperti dalam firman Allah Q.S. Al-Araf ayat 171 yang artinya: “Peganglah teguh apa yang Kami berikan dan ingatlah (amalkanlah) apa yang ada di dalamnya.”

Selain itu, wanita saleha juga adalah wanita yang dapat menjaga dirinya dari budaya-budaya zaman sekarang, budaya yang katanya “gaul” padahal “jadul”. Contoh dalam hal berpakaian. Remaja zaman sekarang  kurang begitu memahami pakaian yang gaul itu seperti apa. Pakaian gaul adalah pakaian yang menutupi tubuh dan aurat, bukan pakaian ketat yang kurang bahannya. Katanya memakai pakaian, tapi dada dan paha masih terlihat, kaya orang zaman dulu kan?

Selain itu, seorang wanita saleha haruslah memiliki inner dan outer beauty. Wanita yang memiliki inner dan outer beauty adalah wanita yang memiliki 5 B (Believe, Brave, Brain, Beauty and Behavior).

 

Believe.

Seorang wanita saleha adalah wanita yang memiliki keyakinan kokoh terhadap Tuhannya. Percaya terhadap apa yang tertulis dalam surat cinta-Nya. Contohnya perintah Allah dalam hal menutup aurat. Ia meyakini bahwa menutup aurat adalah perintah Allah yang tertulis dalam surat cinta-Nya, oleh karena itu, ia akan melaksanakan perintah Allah yang ia yakini tersebut, karena ia yakin bahwa segala sesuatu yang diperintahkan Allah itu pasti baik untuk semua hamba-Nya.



 

Brave.

Selain memiliki keyakinan yang kokoh, wanita saleha juga haruslah memiliki sifat pemberani. Maksudnya, berani dalam menegakkan kebenaran. Contohnya dalam hal pacaran. Dalam Alquran sudah jelas bahwa mendekati zina adalah perbuatan yang dilarang. Demi menegakkan kebenaran, wanita saleha pasti akan berusaha menjauhi pacaran, karena di dalamnya terkumpul segala jenis perbuatan zina.

 

Brain.

Wanita saleha juga haruslah cerdas, mengapa? Karena kelak ia akan menjadi seorang ibu dan akan menjadi sekolah pertama untuk anak-anaknya. Jika ibunya cerdas, maka ia akan mencetak anak-anak yang berkualitas yang dapat membanggakan agama, nusa, dan bangsanya.

 

Beauty.

Cantik di sini bukan berarti harus selalu tampil bermake-up, melainkan ia harus pandai menjaga kebersihan. Baik kebersihan luar maupun kebersihan dalam. Walaupun ia berhijab, tetap saja ia harus menjaga kebersihan dirinya, karena Islam pun mengajarkan seperti itu.

 

Behavior.

Nah, yang tidak kalah penting dari semua itu adalah akhlak yang baik. Wanita saleha akan senantiasa berusaha memperbaiki dirinya, senantiasa beramal saleh bukannya beramal salah. Istiqomah memang tidaklah mudah karena rewordnya adalah jannah. Oleh karena itu, wanita saleha akan terus memperbanyak teman yang saleh dan saleha pula untuk mengingatkannya ketika ia berbuat salah.

 

Subhanallah, tahukah Sahabat bahwa ternyata wanita saleha itu adalah wanita yang dicemburui bidadari-bidadari surge. Mengapa? Karena bidadari-bidadari  surga langsung dijadikan bidadari oleh Allah tanpa diuji terlebih dahulu, sedangkan wanita saleha sebaliknya.

Karena itu,  semua wanita hendaklah  menjadi wanita yang “beauty inside syar’i outside“. Wanita yang cantik luar dalam. Hamasah Sahabat fillah…!! (Sumber: Seminar Alisha)

(Fuzi Fauziah, EKK MAN 1 Cianjur)

Baca juga

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *