Kaitan Klorofil Dengan Surat Al-An’am

Fungsi klorofil tidak hanya terbatas sebagai zat pewarna hijau pada daun. Akan tetapi lebih dari itu, klorofil juga memainkan peran yang sangat penting dalam proses fotosintesis.

 

SAHABAT ISMA, apa yang kalian pikirkan tentang klorofil? Ya, klorofil merupakan zat hijau daun. Klorofil itu sendiri berasal dari bahasa Yunani chloros yang berarti hijau dan phullon yang berarti daun. Fungsi klorofil tidak hanya terbatas sebagai zat pewarna hijau pada daun. Akan tetapi lebih dari itu, klorofil juga memainkan peran yang sangat penting dalam proses fotosintesis.

Lalu, apakah Sahabat pernah mengaitkan klorofil dengan ayat-ayat Allah? Mungkin bagi sebagian orang tahu, dan sebagian lagi tidak. Di sini penulis insya Allah akan menjelaskan surat Al-An’am ayat 99 yang memiliki arti “Lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, lalu Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau”.

Dalam ayat di atas, kita dapat menyimpulkan dengan mengatakan bahwa pigmen hijau yang merupakan bagian dari struktur tumbuhan yang “Kami tumbuhkan dengannya segala macam tumbuh-tumbuhan” merupakan zat hijau daun yang lebih dikenal dengan sebutan klorofil.

Sebagaimana yang telah tercatat dalam sejarah penemu zat hijau daun (klorofil) adalah Richard Martin Willstatter yang dilahirkan pada 13 Agustus 1872. Richard berhasil melakukan penelitian dan menemukan zat hijau daun pada tahun 1915. Lalu, bagaimana dengan surat Al-An’am ayat 99?



Jika dilihat dari sejarah, tentu hampir semua orang akan mengatakan bahwa Richard Martin Willstatter adalah penemu klorofil (1915). Namun ada satu hal yang perlu Sahabat tahu firman Allah yaitu Alquran telah ada sejak zaman azali, sungguh Maha Besar Allah yang telah menurunkan Kitab Suci Alquran yang maha sempurna ini kepada umat musllim.

Pada surat Al-An’am ayat 99 disempurnakan dengan menyebut nama-nama tumbuhan lain, seperti kurma, zaitun, dan delima. Disebutkan pula bahwa unsur-unsur pembentuk tumbuhan ini di antaranya yang dimaksud adalah zat hijau daun tersebut.

Dinda Siti Salamah

Subhanallah, sungguh Alquran telah menerangkan suatu hal yang kecil secara terperinci. Mahasuci Allah yang memperindah Kitab-Nya dengan keakuratan makna ilmiah dan bahasanya. (dikutip dari Ensiklopedia Alquran dan Hadis jilid 6 tentang Kemukjizatan Tumbuhan dan Buah-buahan)

(Dinda Siti Salamah, MAN Cianjur)

Share ya : )

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *