Kursus Bahasa Inggris & 14 Persiapannnya

Kursus bahasa Inggris kian menjamur dimana-mana. Ini disebabkan faktor kelancaran berbahasa Inggris menjadi persyaratan mendasar diterimanya seorang karyawan di perusahaan-perusahaan yang ada. 

Saat ini begitu banyak perusahaan asing yang ada di Indonesia, yang membutuhkan tenaga kerja dari SDM lokal. Namun kesulitan berbahasa Inggris menjadi penghalang komunikasi dengan pihak perusahaan.Yang memprihatinkan, masyarakat Indonesia cenderung untuk takut berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Sebagai gambaran umum, bahasa Inggris memiliki 4 unsur utama, yakni reading, writing, speaking, dan listening.

Apakah mudah menguasai keempatnya? Tentu saja tidak. Namun bukan berarti ini menjadi sesuatu yang harus kita hindari. Mengambil kursus bahasa Inggris menjadi alternatif utama.

Inilah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum ambil kursus bahasa Inggris.

Belajar Sendiri Sebelum Mengambil Kursus Bahasa Inggris

kursus bahasa inggris

 

Sulitkah Belajar Sendiri Tanpa Kursus Bahasa Inggris?

Semua hal yang belum dikuasai pasti terasa sulit, namun tidak ada salahnya mulai dengan belajar sendiri.

Mulailah dengan membeli buku bahasa Inggris dasar yang ada di pasaran.

Selain membeli buku, era internet seperti saat ini, semua bisa kita dapatkan dengan mudah & gratis, walaupun terbatas.

 

Jangan Hanya Membaca subtitle Film

Suka menonton film? Nah ini kesempatan untuk belajar sekaligus menguji pemahaman bahasa Inggris kamu. Ant-Man and the Wasp, Incredibles 2, atau Skyscraper di bioskop? 

Menggunakan subtitle untuk mengerti percakapan di dalam sebuah film  bukan hal yang tabu. Namun cobalah untuk lebih menikmati visual film, tanpa melihat subtitle dan maksimalkan telinga kamu untuk mendengar sekaligus memahami dialog di dalam film.

Sering Membuat Catatan

Sudah mencoba menonton film namun, ada beberpa dialog yang tidak dipahami? Catat & cari terjemahannya.

Kamu bisa mencatatnya di notes ponsel kamu, sehingga setiap kamu menonton film, kamu bisa lanjut menuliskan kata-kata yang tidak dipahami.

 

Di Setiap Lagu Ada Maknanya

Saat menciptakan lagu, penulis lagu atau penyanyi selalu berusaha menyampaikan cerita atau pesannya. Mulai sekarang mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris favorit kamu, bisa bermanfaat untuk belajar bahasa Inggris.

Menariknya, lirik lagu biasanya dipenuhi dengan kata-kata yang terjemahannya tidak harfiah, penuh dengan makna tersembunyi.

Orang Asing Bukan Monster

Suka menambah teman di Facebook atau Instagram? Nah kini saatnya kamu mencoba menambah teman orang asing yang berbahasa Inggris.

Khawatir bahasa Inggris kamu belepotan? Pasti, namun percayalah, orang asing lebih bisa memahami maksud kamu walaupun salah dalam menggunakan bahasa Inggris.Teruslah berlatih, karena cara ini akan meningkatkan unsur speaking & listening kamu.

YouTube Sarana Gratis

Di YouTube, segala jenis modul learning English ada & gratis. Kamu bisa juga akses live learning english di link ini. Sayangnya di Youtube modul belajar kita tergantung dari channel tersebut & tidak bisa belajar dari satu channel saja.

 

Bermain Game Strategi

Lho, kenapa harus game strategi? Iya, karena game strategi lebih banyak mengandalkan kalimat dan kata-kata bahasa Inggris untuk menjalankan langkah selanjutnya. Sedangkan game action hanya mengandalkan lebih banyak aksi dari tokoh.

Media Luar Negeri

Membaca berita internasional seperti BBC atau media asing lainnya akan menambah wawasan kita & tentu saja memaksa kita berpikir lebih keras untuk memahami isi berita tersebut. Berbeda dengan berita dalam negeri, yang sudah kita pahami budaya & tokoh-tokoh yang sering menjadi headline berita.

 

Update Status

Pasti sering update status kan? Sekarang coba biasakan membuat status dalam bahasa Inggris, lalu minta orang yang ahli untuk soal grammar, pilihan kalimat, pengejaan, dan sebagainya. Jangan meminta teman kamu yang mengecek, karena dia pun masih sama-sama belajar.

Lalu siapa yang bisa kamu minta arahan, walaupun cuma sekedar update status? Guru di sekolah? Atau guru di tempat les? Mereka tidak semuanya akan mau mengurusi hal sepele semacam update status. Di sini lah enaknya punya guru privat bahasa Inggris.

 

Memilih Kursus Bahasa Inggris

 

Kursus Bahasa Inggris Yang Berpengalaman

Setelah mempersiapkan diri cara-cara di tadi, mengikuti kursus bahasa Inggris menjadi pilihan selanjutnya.

Belajar dengan guru, kamu akan lebih konsisten & disiplin dalam menimba ilmu. Inilah yang membedakan dengan belajar sendiri. Belajar sendiri juga cenderung tidak terpola dengan metode yang benar.

Pastikan kamu melihat pengalaman calon pengajar kamu. Minimal calon pengajar punya pengalaman mengajar kelas di beberapa perusahaan & sekolah internasional.

Pengajar yang baik memiliki pronunciation (pengucapan kata-kata) bahasa Inggris dengan benar. Hal ini bukan berarti bisa didapatkan dari native speaker saja lho.

 

Hindari Membuang Waktu Di Perjalanan

Pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum mengambil kursus, adalah waktu. Kita tahu, kegiatan rutin kita saja sudah hampir menyita seluruh waktu yang ada. Lalu bagaimana solusinya?

Sekarang ada kursus bahasa Inggris melalui online & bahkan lewat video call. Ini akan lebih efisien daripada membuang waktu di perjalanan.

Memilih guru private juga menjadikan pembelajaran lebih efektif & fokus, dibanding harus belajar bersamaan dengan banyak orang. Jikapun memilih lembaga, maka pilihlah yang terdekat dari rumah kamu.

Ukur Kemampuan Kita

Akan lebih baik, jika kita minta diberikan tes terlebih dahulu untuk mengetahui tingkatan kemampuan kita. Setelah itu, penguji biasanya akan menyarankan program yang tepat. Jadi, kamu bisa mengikuti metode yang memang sesuai dengan level kamu.

Beda Tujuan, Beda jenis Kursus Bahasa Inggris

Ada beberapa materi yang bisa kamu perdalam, yang harus disesuaikan dengan tujuan kamu. Silahkan kamu pilih:

  1. IGCSE- (International General Certificate of Secondary Education); Ujian utk sekolah internasional yang  berkurikulum cambridge.
  2. TOEFL (Test of English as Foreign Language) PBT (Paper Based Test); biasanya untuk syarat masuk pendidikan S2 di Indonesia. 
  3. TOEFL (Test of English as Foreign Language) iBT-internet Based Test; untuk masuk perguruan tinggi di luar negeri terutama Amerika Serikat. 
  4. IELTS (International English Language Testing System) Academic module; untuk masuk perguruan tinggi di luar. 
  5. IELTS (International English Language Testing System) General Training; bagi yang mau bekerja di luar negeri.

Trik Dapat Kursus Murah

Mau menambah ilmu sudah pasti membutuhkan biaya. Terutama  jika kamu memilih lembaga yang sudah mempunyai nama. Hal ini dikarenakan biaya operasional mereka yang besar, seperti menyewa gedung, membayar pengajar, staf admin & lainnya. 

Coba untuk dapatkan guru private berpengalaman yang tidak berada dibawah lembaga-lembaga besar. Mereka akan menawarkan biaya yang lebih terjangkau. Hal ini disebabkan biaya operasional yang tidak sebanyak lembaga-lembaga besar.

Namun semuanya berpulang ke kamu, pilih lembaga yang sudah punya nama & terjamin kualitasnya, atau guru perorangan.

Nah, sekarang kamu tidak perlu takut apalagi grogi ketika harus berbicara bahasa Inggris dengan orang lain atau interview di perusahaan asing. Good luck ya!

Share ya : )

Leave a Reply