Landasan Beramal Yang Hakiki

“Barang siapa yang beramal berdasarkan ilmu pengetahuan, niscaya Allah akan mengajarkan sesuatu yang belum diketahuinya.”(HR.Bukhari)

 

SAUDARAKU seiman, waktu begitu cepat berlalu bagaikan sebuah angin yang terus menghempas. Ketika kita masih bayi terus beranjak tumbuh menjadi anak-anak, menjadi remaja, dewasa, dan akhirnya menjadi  lansia,  seakan kita akan hidup selamanya karena dilupakan dengan kesenangan dunia fana.

Sekarang yang kita akan hadapi yaitu kematian saat jasad dan ruh dipisahkan atas kekuasaan Allah swt. Bekal apa yang sudah dipersiapkan untuk menyongsong kehidupan yang abadi, amal kebaikan ataukah sebaliknya atau tidak sama sekali? Jangan sampai kita tidak membawa amal karena kerugianlah yang akan kita dapatkan.

Islam menuntun umatnya senantiasa mempelajari dan memahami ajarannya. Islam mencela dan melarang umatnya melakukan segala perkara tanpa mengetahui ilmunya, karena hal itu akan menjadikan amal kita sia-sia, sebagaimana Allah swt.  berfirman yang artinya:

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (QS.Al Israa’: 36)

Ada beberapa hal dalam ayat tersebut yang Allah swt. sampaikan kepada kita yaitu sebagai berikut.

 

  1. Allah swt. melarang kita beramal sebelum kita berilmu, karena ilmu merupakan dasar dari semua amal. Sia-sialah amal yang tidak didasari ilmunya. Ilmu yang dimaksud ialah Alquran dan As-sunnah (perkataan Umar bin Mahmud dalam kitab Ar-Roddu al-Atsary’alal Baijury juz 1). Semua ilmu sudah terkandung di dalamnya mulai ilmu ekonomi, sosial, sejarah , ketatanegaraan, budaya, pendidikan, pengetahuan alam, matematika dan sebagainya.

Alquran memberikan kita kemudahan dalam menjaga bumi ini. Islam mewajibkan kepada umatnya kaum Adam dan Hawa untuk menuntut ilmu sejak buaian sampai lubang lahat. Artinya setiap jiwa masih diwajibkan mencari ilmu sampai ia diberikan batas waktu kematian. Itu begitu pentingnya sebuah ilmu yang harus dicari dengan yakin dan ikhlas.

 

  1. Allah swt. memberikan fasilitas kepada kita berupa pendengaran, penglihatan dan hati untuk menjalankan kehidupan di tempat persinggahan sementara ini. Pendengaran kita harus dimanfaatkan untuk mendengarkan hal yang positif, jangan digunakan pada hal yang mengarahkan kita ke dalam kemaksiatan, tapi gunakanlah untuk mendengarkan perintah Allah swt. (Alquran) dan Rasulnya (Al Hadits/As Sunnah).

Begitu pun penglihatan kita,  harus digunakan untuk melihat ayat-ayat Allah swt. (Qauliyah maupun Qauniyah) yang senantiasa akan memahamkan kita ke dalam Islam, jangan digunakan untuk hal yang dilarang Allah swt.. Dan hati kita harus digunakan untuk memahami ayat-ayat Allah, memahami ilmu yang manfaat dan segala apa yang Allah ciptakan. Jangan digunakan untuk memahami apa yang Allah benci, apalagi remaja sekarang paling komitmen untuk memahami hati seseorang yang bukan muhrimnya, daripada memahami apa yang diperintahkan Allah dan Rasulnya. Hendaknya segala fasilitas digunakan untuk beribadah kepada Allah swt.

 

  1. Allah swt. memperingatkan kepada kita bahwa segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini akan diminta pertanggungjawabannya. Manusia diberikan amanah untuk menjadikan bumi ini makmur, bumi yang baldatun thoyyibatun warabbun ghaffur, bukan untuk dirusak dan dibiarkan, tapi harus dijaga dengan baik agar bumi ini ada sebagaimana mestinya. Semua itu akan berjalan sesuai jikalau kita mengetahui ilmunya.

Akhlaq merupakan cerminan dari ilmu yang didapatkan seseorang, terapalagi kita sebagai orang mu’min harus memiliki Akhlaq karimah, bagaimana kita bergaul syar’i, berpenampilan syar’i, ketika ada yang kotor maka kita bersihkan dan lain sebagainya. Itu semua akan sesuai ketika kita mengetahui ilmunya.

Jadi, marilah kita mencari ilmu dengan sabar, yakin dan ikhlas agar kita beramal tidak sia-sia dan agar kita menjadi orang-orang yang beruntung di akhirat kelak. Amin yaa Allah yaa rabbal ‘alamin.

(Indra Suhendar,  MAN Cianjur

Share ya : )

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *