pemuda muslim nan berjaya

Pemuda Muslim Yang Muda Nan Berjaya

Share ya : )

Siapa yang ragu dengan besarnya potensi pemuda? Pemuda dengan potensi fisik dan kekuatan kepribadiannya telah mengukir banyak sejarah dunia.

 

SIAPA yang tak kenal  Ali bin Abi Thalib? Shalahuddin al-Ayyubi? Muhammad al-Fatih? Dan asy-Syafi’i muda yang sudah mampu berfatwa? Mereka semua produktif sejak masih muda belia. Bukan hura-hura dalam euphoria belaka, namun produktif untuk dunia akhirat dan bermanfaat bagi umat manusia sejak berusia muda.

Keberhasilan yang mereka raih tentu tak diraih secara instan, melainkan buah dari kesungguhan dan pengorbanan. Apakah ada keberhasilan yang mengukirkan tinta emas sejarah diraih dengan instan dan kelalaian? Ada sejumlah catatan penting di antara karakteristik seorang pemuda muslim:

Amal saleh adalah aktivitas produktif dan setiap muslim didorong oleh Allah dan Rasul-Nya untuk menjadi muslim produktif dalam kebaikan menurut tinjauan Islam. Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw, beliau bersabda:

مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ المَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ

“Di antara kebaikan Islam seseorang adalah ia meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat baginya.” (HR. At-Tirmidzi, Ibn Majah & Ibn Hibban, dll).

Menjelaskan hadits ini, al-Hafizh Ibnu Rajab pun merinci: “Bahwa di antara tanda kebaikan keislaman seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tak bermanfaat baginya baik berupa perkataan maupun perbuatan, dan menyedikitkan diri pada hal-hal yang tidak bermanfaat baik perkataan maupun perbuatan, dan makna kata (يعنيه): bahwa hal yang penting itu berkaitan dengan dirinya maka jadilah hal itu termasuk tujuan dan tuntutan dirinya.

Kata (العناية): kuatnya perhatian pada sesuatu, dikatakan: عناه – يعنيه yakni jika seseorang memperhatikan dan mencarinya namun yang dimaksud (dalam hadits ini) bukan berarti meninggalkan apa-apa yang tidak penting dan tidak dikehendakinya berdasarkan standar hawa nafsu dan tuntutan jiwa, akan tetapi berdasarkan standar hukum syara’ dan Islam.



Oleh karena itulah ia (disebutkan) termasuk “di antara kebaikan keislaman”, maka jika “baik keislaman seseorang” ia akan meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat baginya menurut Islam baik berupa perkataan maupun perbuatan, karena Islam menuntutnya melaksanakan berbagai kewajiban sebagaimana dijelaskan dalam syarh hadits Jibril a.s.”

Bagi seorang pelajar muslim, memanfaatkan waktu untuk belajar ilmu yang baik, mengulang pelajaran, mengulang atau menambah hafalan merupakan hal-hal bermanfaat, karena ilmu tak diraih dengan kelalaian melainkan dengan cara belajar. Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: “Aku mendengar Nabi saw bersabda:

إِنَّمَا العِلْمُ بِالتَّعَلُّمِ

Sesungguhnya ilmu hanya bisa diraih dengan cara belajar.

Al-Hafizh an-Nawawi bahkan menuliskan satu bab khusus “Bersegera terhadap Amal-Amal Kebaikan (باب في المبادرة إلى الخيرات)” dalam Riyâdh ash-Shâlihîn-nya, beliau menukil firman Allah:

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Âli Imrân [3]:  133)

Rasulullah saw bersabda:

بَادِرُوا بالأعْمَالِ الصَّالِحَةِ، فَسَتَكُوْنُ فِتَنٌ كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِناً ويُمْسِي كَافِراً، ويُمْسِيْ مُؤْمِناً ويُصْبِحُ كَافِراً، يَبِيْعُ دِينَهُ بعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا

Bersegeralah kalian beramal saleh, akan ada suatu masa ketika muncul berbagai fitnah seperti potongan malam gelap gulita, ketika seseorang beriman pada waktu pagi dan kafir pada sorenya, dan beriman pada waktu sore dan kafir pada paginya, ia menjual agamanya dengan harga dunia.” (HR. Muslim)

Menurut Dr. Mushthafa al-Bugha’ di antara faidah hadits ini adalah kewajiban berpegang teguh terhadap agama, dorongan untuk menyegerakan beramal saleh sebelum tibanya berbagai penghalang dan hambatan atasnya yakni berpegang teguh pada akidah dan syari’at Islam dan bersegera beramal saleh.

 

Baca juga

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *