Perubahan Menuju Hidup Istikamah

Perubahan hidup bukanlah hal yang mudah dijalani, terkadang kita harus bisa mengendalikan hawa nafsu dan rasa egois kita yang sering menyinggung perasaan orang lain.

 

SAYA ingin terus hidup dalam perubahan  yang membuat hidup saya menjadi lebih damai dan tentram. Masalah? Itu hal yang mudah. Hal yang paling tersulit menghadapi perubahan itu adalah ketika saya harus bisa menerima masukan saran kritik negatif  dari orang lain.

Masukan dan kritikan itu apabila diterima dengan baik akan menjadikan diri kita lebih kuat dalam menempuh kerasnya perjalanan hidup pada zaman ini. Apakah masa lalu Sahabat-Sahabat kurang baik? Berikut ini adalah tips untuk konsisten dalam perubahan yang istiqomah atau penulisan bakunya dalam bahasa Indonesia istikamah.

Nisa Setiasih

 

  1. Mendekatkan diri pada Allah swt. yaitu menjadikan Allah sebagai sumber kekuatan utama untuk berubah. Andai jembatan kita rapuh dan lemah bagaimana Allah hendak menyalurkan kekuatan untuk perubahan.

 

  1. Lingkungan yang baik, yakni perubahan yang dilakukan diri sendiri tanpa ada sokongan dari orang lain, sebab tidak akan kekal atau lama kita harus berada bersama orang yang ingin turut berubah ke arah yang lebih baik.

 

  1. Ambil sedikit masa untuk muhasabah diri yaitu meluangkan sedikit waktu untuk refleksi diri kita. Tanya pada diri, “Mengapa aku perlu berubah? Apa yang akan terjadi jika aku tidak berubah?” dan “Apa ganjarannya jika aku terus berusaha untuk istiqomah?” Sebutkan jawaban-jawaban tersebut hingga didengar oleh telinga kita sendiri.

 

  1. Membuat perubahan yang kecil dan semampunya. Allah lebih menyukai sesuatu perubahan yang sedikit tetapi berkesinambungan. Namun, dalam waktu yang sama, paksa diri kita untuk meningkatkannya sedikit demi sedikit. Mengajak orang lain untuk sama-sama berubah akan menambah lagi kekuatan kita untuk istiqomah.

 

  1. Disiplin yang tegar, percaya bahwa semua perubahan mampu dilatih. Teruskan melatih diri dengan menetapkan target yang perlu dicapai. Berikan denda kepada diri sendiri sekiranya kita gagal mencapai target, contohnya seperti mencubit diri kita sendiri.

 

Tips terakhir dari saya, dengarkan  lagu Nidji yang judulnya “Laskar Pelangi”.

(Nisa SetiasihMan 1 Cianjur)

Share ya : )

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *