Realme 5 Pro Vs Realme 5 Mana Lebih Oke

Realme 5 dan Realme 5 Pro secara sekilas kedua ponsel ini punya kemiripan secara tampilannya. Tapi tahukah kamu Ternyata keduanya juga banyak bedanya dari kedua smartphone canggih ini?

 

Kemiripan kedua ponsel canggih ini, terletak konfigurasi 4 kamera utama di belakang yang disusun secara vertikal. Motif keduanya pun sama pada bodinya dengan kristal desain atau motif berupa potongan berlian. Tampilan depan mereka juga sama-sama hadir dengan layar berponi kecil. Jika demikian letak perbedaan dari kedua ponsel ini dimana?

 

Keluarnya kedua ponsel ini sama-sama dengan 4 kamera namun spesifikasi pada keduanya berbeda.

Realme 5 terdiri dari kamera utama 12 megapixel, dengan bukaan lensa F1.8. Kamera kedua 8 megapiksel untuk ultra wide lalu ada kamera ketiga 2 megapixel macro camera dan 2 megapiksel depth sensor sensor kamera untuk kamera keempatnya.

 

Spek Kamera Realme 5

 

Sementara untuk versi Pro punya kamera utama yang memiliki resolusi 48 megapiksel bukaan lensa F1.8 dan menggunakan sensor kamera Sony IMX586. Sementara untuk kamera lainnya konfigurasinya sama dengan Realme 5 yaitu kamera kedua 8 megapiksel ultra wide, kamera ketiga 2 megapixel macro camera dan kamera keempat 2 megapixel depth sensor kamera. 

Sedangkan untuk kamera selfie realme 5 memiliki kamera 13 megapiksel dan kembarannya punya kamera selfie 16 megapixel bukaan lensa F 2.0 dan menggunakan sensor Sony IMX471.

 

Spek Kamera Realme 5 Pro

 

Perekam video di kedua ponsel ini pun bisa merekam video maksimal di resolusi 4K di 30fps, namun di perekaman video slow motion realme 5 Pro lebih unggul karena bisa merekam di 960fps pada resolusi HD 720 piksel. 

 

Realme 5 Pro

Realme 5 video recorder

 

Sekarang kita lihat dari ukuran Realme 5 dan Realme 5 Pro. Ukuran body Realme 5 Pro punya dimensi yang lebih kecil yaitu 158 * 74,2 * 8,9 mm dan memiliki berat 184 gram. Sementara untuk Realme 5 punya dimensi 164,4 * 75,6 * 9,3 mm dan beratnya 198 gram.

Ini menjadikan Realme 5 terlihat dengan desain yang lebih besar dan tebal sementara untuk Realme 5 Pro lebih compact dan lebih enak ketika digenggam dengan satu tangan. 

 

Realme 5 Pro

Perbandingan ukuran Realme 5 dengan Realme 5 Pro

 

Untuk ukuran layarnya realme 5 punya layar yang lebih besar yakni 6,5 inci dengan resolusi HD Plus 720 * 1600 piksel, sementara untuk yang versi Pro punya layar 6,3 inci dengan resolusi layar full HD Plus. Keduanya punya layar pada ponsel ini memiliki kualitas yang sama bagusnya yaitu menggunakan panel IPS LCD dan sudah dilapisi dengan pelindung gorilla glass 3 plus. Kalau kamu suka layar lebih lebar tertentu realme 5 lebih menarik, namun soal detail gambar yang ditampilkan, Realme 5 Pro tentu akan lebih baik karena punya resolusi yang sudah full HD Plus. 

 

Untuk kinerjanya nya versi Pro jelas lebih bertenaga karena ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712 yang sudah menggunakan fabrikasi 10 nanometer jadi juga lebih hemat daya sedangkan versi biasanya dengan menerima menggunakan chipset baru dari Qualcomm seri 600 yaitu Snapdragon 665 yang menggunakan fabrikasi 11 nanometer. Chipset ini dipadukan dengan GPU adreno 616 untuk pengolah grafis nya. 

 

Realme 5 Pro

Perbandingan hardware Realme 5 dengan Realme 5 Pro. Sumber: GadgetIndonesia

 

Untuk kebutuhan penyimpanan Realme 5 tersedia dalam 3 varian yaitu: 

 

– RAM 3 giga dengan memori internal 32 Giga

– RAM 4 giga dengan memori internal 64 giga

– RAM 4 giga dengan memori internal 128 giga 

 

Lalu versi Pro nya tersedia dalam pilihan: 

– RAM 4 giga dengan memori internal 64 Giga

– RAM 4 giga dengan memori internal 64 giga

– RAM 8 Giga dengan memori internal 128 giga 

 

Untuk ketahanan daya baterai jelas realme 5 lebih unggul dengan kapasitas baterai 5000mAh dan untuk charging ponsel ini punya output 10 watt.

Sedangkan untuk versi Pro nya hanya membawa baterai berkapasitas 4035 mAh saja dengan pengisian daya VOOC 3.0 dengan output 20 watt. 

Sekarang kamu tinggal memilih anatara baterai awet atau charger yang lebih cepat.

 

Realme 5 Pro

Perbandingan kapasitas baterai Realme 5 & versi Pro. Sumber: GadgetIndonesia

 

Kalau harga menjadi patokannya, saat  ini sebagai berikut;

Realme 5 varian RAM 3 giga memori internal 64 Giga dijual dengan harga Rp2 jutaan dan varian RAM 4 giga memori internal 64 giga dijual dengan harga sekitar Rp 2,1 jutaan dan versi tertinggi yang memiliki RAM 4 giga dengan memori internal 128 giga dijual dengan harga sekitar Rp2,5 jutaan

 

Sementara Realme 5 Pro dengan varian RAM 4 giga memori internal 128 giga dijual dengan harga sekitar Rp2,7 jutaan lalu untuk versi RAM 6 giga memori internal 64 giga dijual dengan harga sekitar Rp3 jutaan dan versi tertinggi nya dengan RAM 8 Giga memori internal 128 giga dijual dengan harga sekitar Rp3,4 jutaan.

 

Realme 5 Pro

Perbandingan spek Realme 5 dengan Realme 5 pro. Sumber: GadgetIndonesia

 

Sudah tahu mana yang mau kamu beli?

Kedua ponsel canggih dan murah ini punya kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Jika kamu ingin ponsel yang bagus spek mumpuni dan harganya murah Realme 5 bisa jadi pilihan yang tepat, namun jika kamu butuh smartphone dengan performa yang lebih kencang kamera lebih bagus dan fitur-fitur yang lebih komplit, versi kembarannya bisa jadi pilihan yang lebih tepat untuk kamu, karena beda harganya juga nggak terlalu mahal.

Atau kamu bisa bandingkan dengan ponsel iphone 7 di artikel ini

Bagaimana guys menurut kamu, mending yang mana? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar ya. 

 

 

Share ya : )

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *