Wahai Masalah Besar Aku Punya Tuhan Yang Maha Besar

“Jangan takut apabila dihadapkan dengan sebuah permasalahan, karena sejatinya sebuah permasalahan adalah pemanis agar kita bisa lebih dekat dan  meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah swt., dan supaya kita bisa memberikan sebuah solusi untuk orang yang mempunyai masalah.”

 

UNTUK mencapai titik kesuksesan dalam perjalanan hidupnya, manusia kerap kali dirundung dengan berbagai permasalahan yang datang secara bergantian. Karena sebuah permasalahan itu, manusia seringkali tersesat tanpa arah dalam perjalanan kehidupanya.

Banyak faktor memang yang selalu membuat kita mempunyai masalah, namun di balik semua itu ketetapan adalah sebuah ketetapan dan masalah adalah sebuah masalah. Semua itu adalah takdir Sang Maha Kuasa, namun kita jangan membiarkan masalah itu, melainkan kita harus senantiasa berdoa dengan  meminta pertolongan kepada Allah dan tak lupa dibarengi usaha dan kerja keras kita.

Allah hanya memberi permasalahan-permasalahan kepada orang yang kuat, namun Allah memberikan permasalahan kepada semua insan yang hidup di muka bumi ini. Allah menciptakan manusia untuk selalu sabar dan kuat dalam menghadapi sebuah permasalahan.



Manusia itu tidak ada yang diciptakan lemah semuanya atau  menjadi orang yang kuat, namun semua itu kembali kepada diri kita masing-masing apabila kita hanya mengeluh dalam menyelesaikan permasalahan pastinya kita tidak akan dapat jalan keluarnya melainkan malah bisa menambah permasalahan, tapi jikalau kita berdoa dan berusaha pastinya kita akan mendapat solusi untuk memecahkan masalah itu. Jadi, apabila kita mengaku orang yang kuat, kita tidak boleh membiarkan permasalahan yang datang kepada kita.

Allah juga menguji Rasululloh saw. dan para sahabatnya, tetapi ujian itu bisa dihadapinya, hingga Rasululloh saw. dan para sahabatnya bisa menghadapinya, dan mencapai titik kesuksesan dalam perjalanan hidupnya. Nah kita sebagai umat Rasul saw, harus bisa mencontoh sifat-sifat yang ada pada diri Rasululloh saw. Jika kita berkaca, kita sama diberikan oleh Allah waktu sebanyak dua puluh empat jam setiap harinya, dan sama- sama makan nasi. Tapi Rasululloh bisa mecapai titik kesuksesan dalam menyelesaikan masalah.

Muhamad Lim Alwi

“Punya masalah besar, aku punya Tuhan Yang Maha Besar” sebuah konsep yang sangat cocok untuk diterapkan dalam menghadapi sebuah permasalahan. Kita percaya bahwa tak ada masalah yang tidak ada solusinya, maka dari itu apabila kita mempunyai permasalahan segeralah berdoa dan  meminta pertolongan kepada Allah swt., sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dalam  Alquran  surat Al-Baqarah ayat 45. “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang- orang yang khusyu”.  Agar lebih lengkap kita juga harus membaca kitab suci Alquran agar hati kita jauh semakin lebih tenang.

(Muhamad Iim Alwi, MAN Cianjur)

Share ya : )

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *