Waktumu Sudah Habis!

Waktu sangat berharga, jangan sia-siakan waktu, waktu adalah uang, waktu itu tidak terasa.

 

BEGITU banyak definisi dan opini yang dikeluarkan orang-orang mengenai waktu.  So, apakah kalian tahu apa saja yang telah kalian lakukan sekarang, kemarin, seminggu yang lalu, sebulan yang lalu, setahun yang lalu, dalam  rentang hidup kita?

Jika hari ini sudah berakhir dan waktumu sudah habis, apakah Sahabat sudah siap dengan masa yang baru tanpa akhir di akhirat kelak? Memang sangat rumit jika kita membicarakan sesuatu yang abstrak dan berharga secara bersamaan. Akan tetapi, sebagai manusia kita diharuskan untuk saling mengingatkan bahwa waktu itu memang tidak ternilai.

Kita memang tidak tahu kapan saatnya kita akan berakhir, tapi kita harus tahu hal baik apa saja yang telah kita lakukan selama kita hidup dan menunggu waktu kita berakhir.

Jika dalam satu hari ada 24 jam, dan yang kita lakukan untuk beribadah wajib hanya ada 5 pembagian waktu salat, berapa lamakah yang kita habiskan dalam satu kali salat, jika dalam 1 kali salat kita menghabiskan kurang lebih paling 10 menit dan dikali 5, maka yang dianjurkan kepada kita untuk beribadah adalah hanya 50 menit dalam 24 jam.

Idealnya kita beristirahat atau tidur hanya 8 jam dan ditambah 50 menit untuk beribadah, maka hasilnya menjadi 8 jam 50 menit yang telah kita habiskan dalam satu hari. Ke manakah waktu yang lainnya? dan untuk apakah itu? Apakah kita melakukan hal yang baik atau buruk? Jawabannya, kita tidak tahu.



Jika dalam satu tahun kurang lebih ada 360 hari dan dibagi menjadi 12 bulan, maka puasa wajib yang diperintahkan oleh Allah swt. hanya  30 hari atau satu bulan. Berapakah perbandingan saat kita untuk berpuasa dan tidak? Jika dalam satu kali hidup kita hanya diwajibkan untuk memenuhi rukun Islam yang kelima atau  ibadah satu kali saja, berapa perbandingan lagi untuk kita beribadah kepada rukun Islam yang kelima dan tidak?

Sisri Haryani

Waktumu sudah habis! Itu benar jika tidak ada lagi nyawa dalam jasad kita. Akan tetapi saya setuju dengan definisi “tidak ada kata terlambat”, selama kita masih bisa hidup, kita masih bisa memperbaiki semuanya dalam sisa dalam hidup kita.

Kita diwajibkan untuk menutup aurat dengan benar, dan kita melakukannya dengan niat yang ikhlas itu merupakan ibadah. Jika kita dari semenjak bangun dan tidur lagi maka kita sudah beribadah selama itu. Jika kita berzikir sebelum tertidur, dan kita tertidur dalam zikir itu, maka malaikat akan mencatat amal baik selama kita tertidur untuk pahala berdzikir. So, janganlah kita menghabiskan waktu dengan percuma dalam hidup kita yang sementara.

(Sisri Haryani, MAN Cianjur)

Share ya : )

Menurut kamu?

Email kamu tidak akan disebarkan. Tanda bintang wajib diisi *