Wisata Cianjur Di Taman Prawatasari

Ketika musim liburan tiba wisata Cianjur menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan objek wisata liburan di Cianjur kota selain kota-kota seperti Bandung, Puncak Bogor, atau Lembang pasti banyak dikunjungi wisatawan. Letaknya hanya bergeser sedikit dari Puncak Pass.

 

Salah satu tempat wisata Cianjur adalah Taman Prawatasari. Beralamat di Jalan Surya Kencana No 1, Sawah Gede Cianjur, Jawa Barat. Kalau dari puncak Bogor, berjarak sekitar 30 km. Objek wisata ini sebenarnya telah lama berdiri, namun dahulu kondisinya cukup memprihatinkan. Kurang adanya perawatan dari pihak terkait membuat kondisinya jadi tidak terawat. Namun kini, setelah Taman Prawatasari direnovasi, taman bermain ini kembali naik daun dan banyak pengunjungnya. Apalagi ditambah adanya wahana permainan, membuat Taman Prawatasari menjadi salah satu objek wisata andalan kota Cianjur.

Tiket masuk ke taman ini sangat murah dan terjangkau. Harga tiket masuk Rp. 8.000/orang. Untuk mencoba wahana permainan, dikenakan tiket tambahan lagi. Harga tiket permainan berkisar Rp. 7.000- Rp. 15.000 /orang. Taman wisata ini bisa dikunjungi setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya pun terbilang lama, dari pagi hingga sore, sehingga anak-anak bisa puas bermain dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Selain menjadi taman bermain, Taman Prawatasari ini merupakan ruang terbuka hijau di kabupaten Cianjur dan sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Barat. Tempat ini didirikan sebagai paru-paru kota karena banyaknya pepohonan dan aneka tanaman. Selain sebagai paru-paru kota, juga dapat melindungi sistem air.

 

A. Ragam Wahana Permainan di Taman Prawatasari

Taman Prawatasari yang dahulu dikenal dengan lapang Joglo ini sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan anak- anak. Bahkan warga Cianjur sering menyebut taman ini sebagai Dufannya Cianjur.
Walaupun tidak sebesar Dufan, tetapi ada banyak wahana permainan disini yang wajib dicoba, diantaranya :

1. Bom-bom Car

Dengan harga Rp. 15.000, anak anak sudah bisa menaiki bom-bom car. Sangat seru dan menyenangkan apabila ketika sedang bermain bom-bom car saling berkejaran dan menabrakkan mobil. Bom-bom car ini muat untuk 2 orang.

wisata cianjur kota
boom boom car Taman Prawatasari Cianjur

 

2. Gajah Terbang

Di wahana yang berputar-putar ini, sebenarnya tidak hanya ada bentuk gajah, tetapi ada jenis lain seperti helikopter, pesawar, naga, dll. Seru karena kita bisa terbang sambil melihat pemandangan sekitar dari atas.

 

3. Kereta Monorail

Ketika menaiki kereta monorail, kita akan merasakan adrenalin tersendiri karena menaiki kereta dengan rel tunggal dari atas ketinggian. Kita bisa melihat pemandangan dari atas. Sungguh menegangkan sekaligus menyenangkan.

 

wisata cianjur kota
Monorail Taman Prawatasari Cianjur

 

4. Wahana Air

Berenang merupakan hal yang sangat menyenangkan, apalagi untuk anak-anak. Di Taman Prawatasari pun menyediakan kolam renang untuk anak-anak, ditambah dengan berbagai fasilitas dan permainan-permainan pendukung, membuat anak makin betah bermain air.

 

wisata cianjur kota
Wahana air Taman Prawatasari Cianjur

 

5. Bola Air Raksasa

Bola air ini akan dimasukkan ke dalam kolam yang berisi air, lalu anak-anak ataupun orang dewasa bisa masuk ke dalamnya, biasanya balon air diisi 1-2 orang. Setelah masuk ke dalam bola air raksasa itu, kita berjalan-jalan seolah bisa berjalan di atas air. Sangat mengasyikkan. Oleh karena itu permainan ini digemari oleh anak- anak maupun orang dewasa.

wisata cianjur kota
Bola raksasa Taman Prawatasari Cianjur

 

6. Playground Di Tempat Wisata Cianjur

Di taman Prawatasari juga ada area khusus untuk anak-anak bermain outdoor. Ada perosotan, ayunan, rumah-rumahan, dan masih banyak permainan lain yang melatih fisik dan motorik anak. Di area playground ini, alasnya dilapisi dengan pasir sehingga tidak akan berbahaya ketika anak-anak jatuh.

wisata cianjur kota
Playground Taman Prawatasari Cianjur

 

B. Melihat 78 Tanaman Langka

Fungsi taman Prawatasari sebagai paru-paru kota ditunjukkan dengan ditanamnya banyak jenis tumbuhan dan bunga-bunga. Menariknya, ada kurang lebih 78 jenis tanaman langka yang ditanam di sini. Diantaranya tanaman kurma, berenuk, dan sosis bima. Hal ini menjadikan taman prawatasari semakin hijau dan asri

 

C. Sebagai Tempat Olahraga Sekaligus Wisata Cianjur

Selain memiliki banyak wahana permainan, Taman Prawatasari ini juga sering dijadikan tempat olahraga. Kita bisa jogging atau lari-lari kecil, ataupun kegiatan-kegiatan fisik lain. Apalagi ketika bertepatan dengan hari libur nasional, atau hari minggu, tempat ini ramai dikunjungi orang untuk berolahraga.

Area hijau Taman Prawatasari ini juga dapat menjadi sarana penghilang jenuh dari kepenatan aktivitas sehari-hari, ditambah dengan adanya kolam ikan yang cukup luas dan sungai kecil buatan membuat kita makin betah berlama-lama di sini. Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar taman atau duduk-duduk sambil melihat pemandangan.

Di Taman Prawatasari banyak spot foto yang instagramable. Kita bisa puas berfoto-foto karena banyak area yang menarik untuk diabadikan. Di sana juga banyak disediakan saung atau gazebo-gazebo untuk kita berisitirahat sejenak.

wisata cianjur kota
sarana olah raga Taman Prawatasari Cianjur

 

Taman Prawatasari sangat terawat dengan baik dan terjaga kebersihannya. Ada beberapa petugas yang terlihat sedang membersihkan ataupun merawat area taman. Pengelola juga mengharapkan adanya kerja sama dan kesadaran dari pengunjung untuk sama-sama menjaga kebersihan. Hal itu terlihat dari banyaknya tempat sampah yang disediakan di area taman.

Ketika kita sedang asyik berjalan-jalan lalu merasa haus atau lapar, jangan khawatir, di dalam area taman prawatasari ini terdapat kantin kecil yang menjual minuman dan beberapa makanan ringan seperti mie instan cepat saji. Walaupun makanan berat belum ada yang menjual di sini.

Taman Prawatasari diresmikan oleh bupati periode 2006-2016, Cecep Mohtar Soleh pada 18 januari 2016. Taman ini dibangun atas kerja sama Pemda Cianjur dengan PT Exotica ( Taman Topi Bogor).
Pembelian tiket disini masih dilayani satu counter untuk beberapa jenis permainan, sehingga antrian selalu panjang, seandainya satu permainan satu counter tiket, mungkin akan lebih nyaman dan efektif. Atau seperti di Dufan, tiket masuk sudah termasuk tiket semua wahana di dalam. Semoga ke depannya pengelolaannya bisa lebih baik lagi.
Walaupun begitu, dengan adanya Taman Prawatasari, telah mewujudkan keinginan warga Cianjur yang ingin berlibur tetapi murah meriah dan tidak membutuhkan jarak yang terlalu jauh. Selain itu, kita tidak hanya bisa bermain di wahana permainan, tetapi bisa juga untuk berolahraga, bersantai-santai di taman atau sekedar jalan-jalan sambil menikmati pemandangan yang hijau dan asri. Jadi bisa dibilang Taman Prawatasari ini tempat rekreasi paket komplit. Ayo ajak keluarga berlibur ke Taman Prawatasari!

 

Baca juga ya wisata yang instagramable di Sukabumi pada artikel di link ini.

Share ya : )

Leave a Reply